Ampas Kopi, Si Limbah yang Bermanfaat Untuk Kesehatan Kulit dan Rambut

Deni Dermanto/Tukang Kopi Sobek – Tahukah kamu, kalau ampas kopi ternyata amat bermanfaat bagi kesehatan kulitmu? So, berbahagialah para wanita yang selama ini amat menggemari berbagai varian kopi. Karena ampasnya bisa kalian gunakan sebagai scrub wajah atau bagian kulit lain. Senyawa asam caffeic dan antioksidan yang terkandung dalam ampas kopi diyakini mampu mengurangi penuaan dini dan mengatasi sel kulit mati. 

Ada yang hobi berjemur? Buat kamu yang hobi berjemur, polifenol yang terdapat pada ampas kopi juga bermanfaat untuk melindungi kulitmu dari sinar UV berlebih. Cukup oleskan ampas kopi seperti halnya ketika kalian menggunakan sunblock. 

Selain itu, ampas kopi diyakini cukup ampuh untuk menghilangkan mata panda. Yap,  senyawa asam klorogenik yang ada didalam ampas kopi berkhasiat untuk mengurangi pembengkakan yang tejadi disekitar kantung mata.  

Tak hanya bermanfaat bagi kulit. Ampas kopi pun diyakini amat baik bagi kesehatan rambut dan kulit kepala. Caranya mudah, cukup bilas rambut dengan menggunakan ampas kopi. Hal ini diyakini ampuh untuk merangsang pertumbuhan rambut serta mengatasi rambut kusam. 

So, buat kamu yang sering nyeduh kopi dirumah. Usahakan untuk tidak langsung membuang ampasnya. Karena jika enggan menggunakannya sebagai scrub pun. Sebetulnya kamu masih dapat mempergunakannya untuk berbagai hal lain. Semisal memanfaatkannya sebagai pupuk, menetralkan bau ruangan (misalnya setelah dicat), bahkan dapat juga digunakan sebagai obat anti hama. Cukup taburkan ampas kopi disekiar tanaman. 

Gimana? banyak kan manfaat ampas kopi yang selama ini hanya kita anggap sebagai limbah rumahan. 

Beneran deh, banyak banget produsen skincare dan produk kecantikan yang saat ini mulai memanfaatkan ampas kopi sebagai bahan baku pembuatan produk mereka. Bahkan ada pula produsen shampoo yang memasukkan ampas kopi dalam komposisi shampoo mereka. Karena faktanya, ampas kopi memang memiliki kandungan antioksidan, kafein, vitamin c hingga acidity yang amat baik bagi kesehatan kulit dan rambut. Bahkan ampas kopi mentah (yang sama sekali belum di proses), diyakini mampu menghindarkan kita dari jerawat yang membandel serta membuka pori-pori kulit diwajah kita.

Sumber: Coffee Consultant Jakarta

Posting Komentar

[ADS] Bottom Ads

Halaman

Copyright © 2021

MadMax